Tasbihku Media. Masjid Pincuran Gadang. Banyak orang yang menyukai untuk datang ke objek wisata alam, dimana objek wisata ini memperlihatkan keindahan alam yang ada. Namun ada juga orang yang menyukai objek wisata religi, dimana tujuan mereka datang adalah untuk mempelajari ilmu agama dan belajar akan sejarah yang ada di tempat tersebut.

Hal ini tentu memiliki banyak manfaat bagi seseorang, selain bertambahnya ilmu pengetahuan. Biasanya dalam wisata religi akan terjalin silaturahmi dengan orang-orang yang mengetahui tentang sejarah tempat tersebut. Berbeda halnya dengan wisata alam, karena pada saat mengunjungi wisata alam orang-orang hanya akan cendrung menikmati keindahan alamnya saja.

Masjid Pincuran Gadang

Masjid Pincuran Gadang merupakan salah satu warisan atau cagar budaya yang ada di daerah Matur. Masjid ini diperkirakan dibangun pada tahun 1885 oleh seorang tokoh sekaligus ulama bernama Tuanku Alam Putiah.

Balai Pelestarian Peninggalan Pur­bakala Batu Sangkar, yang membawahi Sumbar, Riau, dan Kepulauan Riau telah menetapkan Masjid Pincuran Gadang sebagai Situs Cagar Budaya. Tentu hal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Kecamatan Matur dan sekitarnya, karena mereka sampai dengan saat ini masih dapat menjaga masjid ini agar tetap dapat berdiri kokoh.

Baca Juga:

Selain itu masjid ini juga memiliki mata air dan tempat pemandian khusus. Air yang terdapat di masjid ini juga dapat langsung diminum karena berasal dari mata air yang jernih dan telah dilakukan pemeriksaan oleh dinas kesehatan.

Lokasi

Lokasi masjid ini berada di daerah Nagari Matur, Kecamatan Matur, Kabupaten agam. Masjid ini berdiri ditempat yang strategis, berada di tengah-tengah lembah yang dikelilingi perbukitan dan sawah penduduk.

Untuk menuju lokasi masjid ini kita dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Jika kita dari Kota Bukittinggi membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai ke lokasi masjid ini.

Tertarik untuk berkunjung ke masjid legendaris ini? Yuk luangkan waktu kita untuk menggali sejarah tentang semua hal yang ada di dunia ini. Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh sang pencipta.