Pengantar

Masjid Bingkudu Candung. Masjid merupakan tempat yang disucikan oleh umat Islam, segala aktifitas keagamaan dilakukan disana. Banyak orang ingin membangun sebuah Masjid karena dengan membangun sebuah Masjid akan mengalir keberkahan kepadanya selama masjid tersebut dipergunakan.

Oleh sebab itu banyak sekali orang-orang pada zaman saat sekarang ini berbodong-bondong membangun masjid yang megah. Namun banyak di antara masjid-masjid itu menjadi masjid yang terlantar dan jika ada pun yang menggunakan untuk sholat hanyalah sedikit orang saja.

Pada hakikatnya seorang laki-laki baliq diwajibkan untuk sholat ke Masjid, kecuali jika si laki-laki tersebut memang benar-benar berhalangan untuk datang ke masjid. Pada kesempatan kali ini penulis mengajak seluruh para sahabat terutama yang merasa dirinya adalah laki-laki sejati untuk datang ke masjid untuk menunaikan ibadah sholat.

Masjid Bingkudu Candung

Masjid Bingkudu merupakan salah satu masjid yang tertua yang ada di Indonesia yang masih berdiri dan dipakai sampai saat sekarang ini. Majid Bingkudu atau Masjid Jamik Bingkudu merupakan salah satu masjid yang memiliki arsitektur bangunan layaknya seperti bangunan khas Minangkabau.

Masjid ini dahulunya merupakan sebuah masjid yang dibangun menggnakan kayu layaknya Rumah Gadang Minangkabau. Salah satu yang menjadi ciri khas dari Masjid Bingkudu adalah bentuk atapnya yang terdiri dari tiga tingkatan. Sehingga membuat Masjid Bingkudu memiliki keunikan tersendiri.

Dedepan Masjid juga terdapat sebuah menara dengan ketinggian 11 Meter, sehingga dengan adanya menara ini menambah kemegahan dari Masjid ini.

Sumber Gambar: Barito Minang

Masjid Bingkudu sampai saat ini masih aktif digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah. Masjid ini memiliki banyak jamaah baik itu jamaah dari masyarakat sekitar maupun musafir yang datang untuk beribadah atau beristirahat sejenak dari perjalanan jauhnya.

Lokasi

Masjid ini berada di Kecamatan Candung, Masjid Kuno Bingkudu merupakan masjid tertua di daerah Candung. Masjid ini didirikan sekitar tahun 1823 Masehi.

Lokasi Masjid ini berada di daerah Canduang Bingkudu, Koto Tinggi, Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Sumber Artikel : Pituluik media – Science and Informative